Kelapa Gading dan Banjir

google)
Bunderan Kelapa Gading (sumber: google)
Kawasan di Jakarta Utara yang selalu ramai dikunjungi adalah Kelapa Gading.. Gimana gak rame.. secara di Kelapa Gading ada 4 Mall (Mall Kelapa Gading 1-5, Mall of Indonesia, Mall Artha Gading, Sports Mall) kemudian restaurant yang bejubel. Bisa pilih mulai dari masakan Indonesia, sampai masakan africa pun ada di kelapa gading. Belum lagi La Piazza, tempat hang out-nya anak muda. Selain itu ada juga Kelapa Gading Trade Center (KTC) Sehingga tidak heran jika weekend, kelapa gading pasti macet dididatangi oleh orang-orang yang mau mencari hiburan di Kelapa Gading..

Saya pindah ke kelapa gading tahun 1990, dimana masih ada sawah, banyak lahan kosong, intinya belum banyak bangunan di kelapa gading. Dulu di kelapa gading ada taman burung. Jangan kebayang kayak taman burung di taman mini yach. Kalau weekend di sore hari, papa selalu membawa saya dan adik saya untuk melihat burung2 itu, setelah melihat burung, lalu kita akan pergi ke sebuah taman bermain, yang ada di sebelah Mall Kelapa Gading 1 untuk bermain sepeda. Dulu MKG cuma satu saja, masih kecil belum sebesar sekarang. Masih ada sawah,. ditengah-tengah sawah ada gereja katolik (Gereja Yakobus). Jika dilihat dari jarak jauh sangat bagus sekali pemandangannya. Sayangnya saya tidak punya foto-foto waktu saya baru tinggal di kelapa gading.

Kelapa gading dulunya masih sepi dan asri tetapi semakin kesini, para pengembang mulai membangun ruko-ruko untuk dijadikan kantor dan tempat usaha sehingga memadati kawasan kelapa gading.. Daerah-daerah yang dulunya dipakai untuk resapan air, sekarang sudah berubah menjadi bangunan yang megah.. banyak perumahan2 baru bermunculan dan tidak memperhatikan lingkungan hijau disekitarnya.. Sehingga ketika terjadi besar tahun 1997 dan 2002, Kelapa Gading habis terendam.. Perumahan saya adalah salah satu perumahan yang banjirnya paling terparah. Yaaa.. Inilah masalah utama kelapa Gading : Banjir!!!!

Tetapi untungnya, salah satu pengembang daerah Kelapa Gading dan bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta , mulai memikirkan langkah2 apa saja yang kira2 dapat menanggulangi banjir. Salah satunya adalah dengan membangun taman Jogging yang berada tepat di seberang La Piazza. Banyak tanaman yang ditanam di taman jogging, dan dibuat pula lubang resapan biopori yang berguna sebagai peresap air yang dapat mengatasi banjir dan sampah. Selain itu  membangun waduk yang berguna untuk menampung air hujan dan mencegah banjir.  Dan cara lainnya adalah dengan adanya 2 kanal di Jakarta yang dibangun oleh pemerintah, maka kelapa Gading diperkirakan tidak banjir lagi. Saya merasakan efeknya dari kanal tersebut. Biasanya daerah rumah saya kalau hujan besar sedikit saja pasti banjir tetapi semenjak adanya kanal, maka saya pun tenang jika hujan. Selain itu diperlukan juga kesadaran dari warga yang tinggal di kelapa gading, untuk memelihara lingkungannya masing-masing. Seperti di RW tempat saya tinggal, sebulan sekali mengadakan bersih lingkungan. Selain lingkungan jadi bersih, kita pun lebih akrab dengan tetangga2 yang ada.

google)
Taman Jogging diresmikan oleh Bapak Fauzi Bowo (sumber:google)

google)
Setiap pagi atau sore, Taman Jogging ramai dikunjungi oleh warga Kelapa Gading (sumber:google)

Salam Warga Kelapa Gading :)

Sumber : http://green.kompasiana.com/penghijauan/2010/09/13/kelapa-gading/

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh lintas pada 16.34. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Kelapa Gading dan Banjir

Tinggalkan Komentar


Recent Posts

Bagi temen-temen yang ingin berpartisipasi dalam mengisi blog ini caranya gampang, tinggal kirim alamat email anda ke lintas@ymail.com. Jangan lupa tulis Nama, alamat dan No Telp yang bisa dihubungi.

Setiap Kontribusi akan sangat bermanfaat bagi kemajuan daerah kita, termasuk generasi saat ini dan yang akan datang.

Bila tulisan yang di kirim mengambil dari sumber lain, Jangan lupa sebutkan sumber tulisan secara lengkap berikut link asal tulisan tersebut.

Tulisan tidak berbau sara, hasutan, mengadu domba, maupun ponografi. Seluruh isi tulisan menjadi tanggung jawab sepenuhnya pengirim. blog ini hanya sebagai sarana untuk menyebarkan isi tulisan.

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Tanjung Priok. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Tanjung Priok