Dadag Tunggul Birowo, SAP

Upayakan Dialog Interaktif Dengan Warga

Pengalaman baru sebagai pamong membuat Dadag Tunggul Birowo yang kini menjabat sebagai Lurah Kelapa Gading Timur tidak pernah menyerah dalam mengasah kemampuannya di bidang pemerintahan. Berkat ilmu disertai pengalamannya di bidang pemerintahan menjadi kepercayaan dirinya untuk mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat.
Pria kelahiran Jakarta, 18 Oktober 1959 ini mengawali kariernya di pemerintahan pada tahun 1980 menjadi seorang staf di Kelurahan Kelapa Gading, Kecamatan Koja.

"Dahulu Kelurahan cuma ada Kelapa Gading saja dan masuk kedalam Kecamatan Koja. Kala itu, saya bertugas membantu bidang tata usaha di kantor kelurahan," ujar Dadag yang telah memiliki 2 orang anak.
Kemudian pada tahun 1982 iapun diangkat menjadi Kasubsie Tata Usaha di Kelurahan Kelapa Gading. Selama 4 tahun ia berkarier menjadi seorang administrasi dan terus meningkat ke jenjang karier selanjutnya.
Pengalaman di Tata Usaha membangun dirinya untuk selalu cermat dan teliti. Tahun 1986, di Kelurahan Kelapa Gading mengalami pemekaran dan menjadi wilayah kecamatan Kelapa Gading, ia dipercaya untuk mengisi posisi sebagai Kasubsie Perekonomian di Kelurahan Gading Barat.
Alhasil berkat kecermatan, ketelitian serta rasa humor yang tinggi membuat dirinya menjabat posisi Kasubsie Pembangunan di Kelurahan Gading Barat tahun 1994. Selama lima tahun ia mendapatkan pengetahuan mengenai ilmu pembangunan wilayah dan pemberdayaan masyarakat.  Dua tahun kemudian tepatnya tahun 1999, ia di pindahkan menjadi Kasubsie Pembangunan di Kelurahan Pegangsaan Dua, Kecamatan Kelapa Gading.
Tahun 2000, iapun di percayakan untuk menjadi  Kepala urusan Perekonomian di Kantor Kecamatan Kelapa Gading. Bagi dirinya di tempatkan di mana saja sudah menjadi bagian tugas sebagai pengayom masyarakat. Oleh karena itu, ia harus siap dan kuncinya adalah bagaimana mengupayakan berdialog pada masyarakat dalam menyelesaikan persoalan masyarakat sehingga bisa menjadi solusi terbaik.
Selama dua puluh tahun ia meniti kariernya di wilayah Kelapa Gading, mulai dari Gading Koja menjadi  Kecamatan Gading. Tahun 2001, dirinya dipercayakan menjadi Sekretaris Lurah di Sunter Agung. Tidak lama kemudian tahun 2002 iapun di percayakan kembali menjadi  Wakil Lurah di Gading Barat, tempat di mana ia mengawali kariernya menjadi seorang PNS .
Pada Januari tahun 2008, Pemerintah Kota Jakarta Utara mempercayakan dirinya menjadi Lurah di Kelurahan Kelapa Gading Timur.  Pengalamannya di kawasan ini tidak perlu diragukan dalam memimpin warganya. Namun karena situasi dan kondisinya berbeda ketika Gading dahulu masih Koja dan Kelapa Gading sekarang yang merupakan kawasan real estate, tentunya warganya sangat kritis dan lurahnya harus siap kapanpun.
"Makanya saya gunakan metode dialog interaktif langsung dengan warga dan pengurus RT/RW dalam menyelesaikan persolan masyarakat maupun saran kritik warganya. Sehingga terciptanya hubungan harmonis antara masyarakat Gading Timur, Pengurus RW dan aparat kelurahan," tutur Lurah yang beristrikan Enita Setiawati.
Dijelaskannya, dengan dialog, terjun ke masyarakat, bertata krama kepada para pengurus RW merupakan langkah awal dirinya menjadi seorang lurah. Kalau semua persoalan baik yang menyangkut masalah masyarakat, wilayah, lingkungan dan pelayanan harus di atasi bersama-sama, maka akan di dapat keputusan yang baik dan tepat. 
Kini, ia harus bisa menjalani tugas dan tanggung jawabnya memimpin 42 Ribu Jiwa dengan 17.283 KK  yang tersebar di 240 RT dan 21 RW , dengan dituntut bisa menjadi pengayom,  pengambil keputusan yang bijak dalam kewilayahan, dan mampu menciptakan inovasi dalam membangun lingkungan warganya.
"Memang harus ada inovasi baru, apalagi Kelapa Gading Timur 70 Persen wilayahnya adalah kawasan Perumahan. Sementara 30 persen lainnya adalah kawasan pemukiman padat penduduknya," tambahnya.
Riwayat Pendidikan
- SDN 01 pejompongan tahun 1972
- SMP 47 Jakarta Pusat tahun 1976
- SMPP Negeri ( Sekarang SMU 77 Jakarta Pusat )  tahun 1979
- Universitas 17 Agustus, jurusan Administrasi Publik tahun 2002.
Riwayat Pekerjaan
1. Staf Kelurahan Kelapa Gading 1980
2. Sekretaris Kelurahan Sunter Agung 2001 s/d 2002
3. Wakil Lurah Kelapa Gading Barat 2002 s/d Januari 2008
4. Lurah Kelapa Gading Timur, mulai 25 Januari 2008 s/d Sekarang



Berita Media Online Jakarta Utara dari hal : http://www.jakartautara.com/article.php?storyid=5504
 

JADILAH ORANG PERTAMA YANG MENGOMENTARI :



Dikirim oleh lintas pada 16.08. dan Dikategorikan pada . Kamu dapat meninggalkan komentar atau pesan terkait berita / artikel diatas

0 komentar untuk Dadag Tunggul Birowo, SAP

Tinggalkan Komentar

Recent Posts
Bagi temen-temen yang ingin berpartisipasi dalam mengisi blog ini caranya gampang, tinggal kirim alamat email anda ke lintas@ymail.com. Jangan lupa tulis Nama, alamat dan No Telp yang bisa dihubungi.

Setiap Kontribusi akan sangat bermanfaat bagi kemajuan daerah kita, termasuk generasi saat ini dan yang akan datang.

Bila tulisan yang di kirim mengambil dari sumber lain, Jangan lupa sebutkan sumber tulisan secara lengkap berikut link asal tulisan tersebut.

Tulisan tidak berbau sara, hasutan, mengadu domba, maupun ponografi. Seluruh isi tulisan menjadi tanggung jawab sepenuhnya pengirim. blog ini hanya sebagai sarana untuk menyebarkan isi tulisan.

Jumlah Pengunjung

2010 Lintas Tanjung Priok. All Rights Reserved. - Designed by Lintas Tanjung Priok